h1

Pertanian Organik Malingping-Banten

Desember 19, 2015

Pupuk Organik Herba Farm Sidomuncul

Pupuk Organik Herba Farm Sidomuncul

Malam ini saya sengaja Googling mengenai kampung kelahiran saya Rahong, Malingping karena sudah lama saya tidak mudik karena sesuatu hal. Rasa kangen dengan kampung halaman terobati dengan mendengar dan melihat kampung halaman melalui media Internet.

Yang menarik perhatian saya adalah mengenai sistem pertanian organik yang saat ini sedang dilaksnakan di Malingping oleh para petani yang tergabung di dalam kelompok petani organik malingping di bawah naungan Koperasi Pelestari Budaya Nusantara KPBN (Klik disni Untuk Mengetahui Foto Kegiatan KPBN) dan dalam penanaman padi organik serentak seluar 100HA oleh kurang lebih 300petani menggunakan Pupuk Organik HERBA FARM produksi PT. SIDOMUNCUL PUPUK NUSANTARA

Paguyuban Petani Organik Malingping

Paguyuban Petani Organik Malingping

Antusias petani dalam hal penanaman padi organik menggunakan pupuk organik dari PT Sidomuncul Pupuk Nusantara sangat tinggi terlihat dari banyaknya anggota petani yang tergabung didalam Paguyuban Petani Organik tersebut. Dan dalam pembicaraan pertelpon dengan saudara yang kebetulan adalah ketua kelompok Petani Organik wilayah Gedebong mengatakan, sangat menyambut baik program dari Koperasi Pelestari Budaya Nusantara guna memperkenalkan pertanian Organik di wilayah malingping. Dan beliau mengatakan bahwa sangat yakin akan sistem pertanian organik ini sebab dari Pihak Koperasi KPBN dan Herba Farm akan selalu melakukan pendampingan secara teknis mulai dari proses pengolahan lahan, Pembibitan, Penanaman dan Pendampingan masa pemeliharaan tanaman padi hingga panen nantinya.

Yang lebih menyenangkan dan menenangkan hati kami, adalah Koperasi KPBN akan membeli hasil panen kami nanti dengan harga standart pasaran, sehingga kami tidak perlu takut lagi akan dipermainakn harga oleh para tengkulak seperti tahun-tahun yang lalu dimana jika hasil panen padi (barang) melimpah ruah pasti harga akan turun bahkan boleh dibilang sangat murah. Dan petani mau tidak mau akan menjual hasil pertaniannya karena terdesak oleh kebutuhan, tuturnya.

Pandampingan oleh tenaga ahli dalam hal penanaman padi organik menggunakan pupuk organik selain oleh tenaga ahli dari KPBN dan Herba Farm juga mengajak putra daerah yang mempunyai keahlian dibidang pertanian untuk menyumbangkan pengetahuan demi kemajuan pertanian di daerahnya sendiri. Termasuk adik saya Mariam Rismawati dan Neng Milla yang kebetulan sedang menimba ilmu di UNTIRTA Provinsi Banten (Serang) mengambil jurusan Teknologi Pertanian turut membantu dalam hal pendampingan ini dibawah pengawasan tenaga ahli dari KPBN.

Padi Organik Malingping

Semoga pertanian organik yang dilaksanakan di malingping ini nantinya akan ditiru oleh daerah-daerah lain untuk melakukan penanaman padi melalui sistem Organik, disamping lebih murah biayanya juga hasil akan lebih banyak dan turut serta melaksanakan program yang canangkan pemerintah dengan melakukan pertanian secara organik. Untuk itu saya ucapkan terimakasih kepada Koperasi Pelestari Budaya Nusantara dan PT Sidomuncul Pupuk Nusantara atas terlaksananya Penanaman Padi Organik 100Ha di Kampung kami bersama paguyuban petani organik di malingping. Selamat Bekerja! Salam dan Sukses Selalu.

Silahkan Isi Form dibawah ini untuk Mengetahui Info Seputar Pertanian Organik di Malingping, atau Kritik, Saran Juga Pendapat Anda..:

 

Bersama Paguyuban Petani Organik Malingping

Bersama Paguyuban Petani Organik Malingping

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: