h1

Jalur Mudik Banten Dipasang CCTV

Agustus 26, 2010

Dishubkominfo Provinsi Banten- Jalur Mudik 2010 Banten Dipasang CCTV Live

CCTV Arus Mudik Banten Merak

CCTV Arus Mudik Banten Merak

Perkiraan meningkatnya jumlah arus mudik Lebaran tahun ini membuat Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Provinsi Banten berencana memasang kamera CCTV di sepanjang jalur mudik di Provinsi Banten. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan dan tindakan kejahatan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Provinsi Banten Bpk Ir.H.Harry Parwanto mengatakan titik kamera CCTV akan dipasang di berbagai tempat, seperti gerbang Tol Cikupa, di pintu masuk Pelabuhan Merak, di areal parkir Dermaga, serta di loket karcis.
“Untuk TV pemantaunya akan dipasang di posko pemantau di daerah Merak, di Pendopo Gubernur Banten dan Dirumah Gubernur Banten,” Bpk Ir.H.Harry Parwanto.

Pemasangan CCTV itu, kata Bpk Ir.H.Harry Parwanto, akan berfungsi untuk memantau kondisi kepadatan kendaraan yang akan masuk ke kawasan Pelabuhan Merak dan melihat kondisi kendaraan di pelabuhan. Sehingga, apabila kondisi kendaraan sudah menumpuk di Pelabuhan Merak, maka arus kendaraan yang datang dari arah Jakarta akan dialihkan ke rest area yang dijadikan kantong parkir.

Menurutnya, untuk memantau kondisi arus balik, CCTV juga akan dipasang di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Hal itu, untuk melihat kondisi kendaraan dan penumpang yang akan datang ke Pelabuhan Merak. “Jadi kalau kita tahu kondisi penumpang arus balik, maka kami bisa memperkirakan berapa banyak bus yang perlu disiapkan,” katanya.

Bpk Ir.H.Harry Parwanto juga mengatakan Provinsi Banten akan menyiapkan tempat peristirahatan bagai pemudik yang menggunakan sepeda motor yang bertempat di Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang, dan Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang. “Para pemudik pengendara roda dua ini, saat berangkat dari tempat peristirahatan akan dikawal hingga Pelabuhan Merak.

Menurut Bpk Ir.H.Harry Parwanto, pada mudik 2010 ini jumlah kendaran roda dua yang akan melakukan penyeberangan di Pelabuhan Merak akan meningkat sebanyak 20 persen dibandingkan dengan tahun 2009 lalu, yang jumlahnya hanya sebanyak 14.000. “Untuk keseluruhan penumpang yang akan mudik ke Sumatera peningkatannya mencapai 10 persen,” ujarnya.

Tidak hanya itu, untuk memuluskan jalannya pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri, Bpk Ir.H.Harry Parwanto juga mengatakan terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait terutama yang saat ini tengah menangani pembangunan fly over di Merak. “Kita akan membuat tiga jalur masuk ke Pelabuhan Merak, sedangkan untuk pintu keluar pelabuhan akan dibuat dua jalur,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Teja Suparna mengatakan, untuk mengatasi lonjakan kendaraan roda dua, pihaknya akan mengkhususkan dermaga IV dan V untuk kendaraan roda dua. “Dua dermaga itu akan khususkan untuk kendaraan roda dua,” katanya.

Untuk menjaga kelancaran arus mudik lebaran 2010, pemerintah provinsi Banten menyiapkan sekitar 6000 perso-nil gabungan dari Dishub. TNI, Polri, Satpol PP serta instansi terkait. Selain itu. pada lokasi-lokasi tertentu seperti terminal, stasiun, pelabuhan dan bandara akan dipasang kamera CCTV untuk memantau secara langsung arus mudik tersebut.

Bpk Ir.H.Harry Parwanto juga meminta masyarakat mewaspadai titik-titik kemacetan sepanjang Jalur mudik di wilayah Banten yang diakibatkan pasar tumpah dipingir Jalan, mulai Tango rang hingga Merak yang Jumlahnya sekitar 10 titik.

“Kami meminta pemerintah daerah bisa mengamankan pasar tumpah tersebut dengan bantuan petugas Dinas Perhubungan dan Satpol PP,” katanya. Sumber: tempointeraktif

Info terkait :

Download Peta Jalur Mudik Wilayah Banten – Jawa Barat

CCTV Live Arus Mudik 2010 Provinsi Banten

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: