h1

BPS Temukan Warga Berusia 143 dan 101 Tahun

Mei 17, 2010

PANDEGLANG
Seorang perempuan bernama Maemunah yang tinggal di Kampung Jaha Girang, Desa Kadu Dodol, Kecamatan Cimanuk, diketahui berusia 143 tahun. Bersamaan dengan itu, tim sensus dari BPS menemukan hal serupa di Kampung Sindang Laut, Desa Sindang Laut, Kecamatan Carita. Di sana, seorang warga bernama Askah binti Singga diketahui berusia 101 tahun.
Kepala BPS Kabupaten Pandeglang Syarif Hidayat didampingi Koordinator Probing Pendalaman dan Pengkajian Data penduduk BPS Kabupaten Pandeglang Budiman didampingi beberapa anggotanya mengatakan, temuan dua warga berusia lanjut itu bermula dari laporan petugasnya di lapangan. Untuk memastikan temuan itu, ia dan Budiman mendatangi rumah dua warga tersebut dan melakukan probing. Sekadar informasi, probing adalah salah satu metode pendataan penduduk yang dilakukan dengan wawancara mendalam.
Berdasarkan pantauan Radar Banten yang turut serta dalam kegiatan itu, Maemunah masih aktif bicara dan belum pikun. Ia hanya kurang mendengar sehingga petugas harus bertanya dengan suara yang keras.
“Dari data kami Askah binti Singga lahir tahun 1909, sementara Maemunah lahir tahun 1867,” katanya yang mengatakan pendataan meliputi silsilah keluarga, usia, agama, pendidikan dan data lain yang dibutuhkan.
Syarif berjanji segera melaporkan temuan tersebut kepada pemerintah pusat. Tujuannya agar mendapat perhatian.
“Ingatan kedua ibu-ibu berusia lanjut itu masih normal. Keduanya masih mengingat nama anak dan kejadian sejarah yang dialaminya,” ungkapnya.
Koordinator Probing Pendalaman dan Pengkajian Data Penduduk BPS Kabupaten Pandeglang Budiman menambahkan, dua warga yang usianya lebih dari seratus tahun ini merupakan tindaklanjut dari sensus pertama.
“Semua warga yang menetap di rumah atau bermukim akan terdata,” katanya.
Budiman yakin, sensus yang dilakukannya tahun ini minim kesalahan. Karena hasil sensus yang berakhir pada 31 Mei akan divalidasi pada bulan Juni sampai November 2010.
“Publikasi dari hasil ini akan dilakukan akhir Desember atau awal 2011,” katanya seraya mengatakan sensus menggunakan sistem door to door atau mendatangi satu per satu rumah warga. Radar Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: