h1

Fujitsu Rilis Platform Komputasi Awan Global

April 27, 2010

Cloud Computing (ascendtraining.com)

Fujitsu hari ini mengumumkan strategi global untuk menerapkan komputasi awan atau cloud computing yang berlandaskan pada empat model pemakaian sumber daya komputasi, yaitu infrastruktur, aplikasi, aktivitas, dan konten.

Fujitsu telah menawarkan platform komputasi awan untuk model infrastruktur yang diperkuat dengan penerapan platform standar komputasi awan global secara luas.

Fujitsu akan menawarkan layanan ini sebagai uji coba mulai Mei 2010, dilanjutkan dengan komersialisasi pada Oktober 2010 di Jepang, lalu Australia, Singapura, Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman.

Belum diketahui kapan tepatnya layanan ini bisa dipakai secara komersial di Indonesia.

“Platform komputasi awan global ini akan menjadi pelengkap platform awan lokal, dengan memenuhi kebutuhan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang terstandardisasi secara global,” ujar Achmad S Sofwan, chief operation officer (COO) Fujitsu Indonesia, dalam keterangannya, Selasa 27 April 2010.

“Melalui cara ini, pelanggan bisa mengadopsi layanan baik dari platform lokal maupun global secara lebih fleksibel. Hasilnya, pelanggan bisa mengurangi biaya-biaya TIK dan lebih tanggap terhadap kebutuhan bisnis,” katanya.

Fujitsu melihat layanan komputasi awan ini sebagai evolusi. Berbekal pengalaman selama beberapa dekade dalam menyediakan layanan bisnis, Achmad melanjutkan, Fujitsu kini bisa memberikan dukungan terbaik bagi pelanggan untuk bermigrasi ke model komputasi awan secara aman.

Guna mewujudkan hal itu, Fujitsu telah menjalin aliansi dengan sejumlah pihak yang terkait dengan komputasi awan. Fujitsu menjamin pelanggan tidak akan terjebak dalam sistem-sistem tertutup (proprietary).

“Di Jepang, Fujitsu berhasil menjalankan uji coba yang melibatkan pertanian dan kesehatan. Sekarang, tujuan kami adalah menyediakan layanan seperti ini di seluruh dunia,” tutur Achmad. (art) •

VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: