h1

11 Perda Akan Direvisi

April 22, 2010

CILEGON – Lantaran dinilai tak sesuai lagi dengan kondisi saat ini, Badan Legislasi (baleg) DPRD Cilegon mengusulkan direvisinya sebelas peraturan daerah (perda) yang ada saat ini.
Usulan ini akan diajukan ke pimpinan dewan untuk kemudian ditindaklanjuti ke tingkat rapat pimpinan (rapim), sebelum nantinya diputuskan dibentuk panitia khusus (pansus).
Ketua Baleg DPRD Cilegon Muhammad Iqbal mengatakan, dari sebelas perda yang diusulkan direvisi lima di antaranya berhubungan dengan pajak dan retribusi. Kelima perda tersebut dianggap belum sesuai dengan UU No. 28/2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang merupakan perubahan atas UU No. 34/2000 dan UU No 18/1997.
Dalam aturan terbaru itu, ada beberapa kewenangan pajak yang kini ditarik pemerintah pusat. “Minggu ini kita akan lakukan pembahasan akhir di internal Baleg, sebelum usulan ini kita laporkan ke pimpinan dewan. Revisi peraturan itu sangat mendesak,” kata Iqbal, Rabu (21/4).
Tak hanya perda tentang pajak dan retribusi daerah, Baleg juga akan merevisi sejumlah perda terkait pendirian badan usaha milik daerah. Ini karena, katanya, banyak kebijakan yang dibuat BUMD tidak melibatkan kalangan legislatif. “Selama ini kan tidak, kita ingin dewan juga ikut dilibatkan dalam penentu kebijakan di BUMD,” ujarnya.
Ditambahkan Sekretaris Baleg DPRD Cilegon Suprianto, masalah ketenagakerjaan pun kini menjadi sorotan dewan dalam rencana revisi sejumlah perda tersebut. Ini lantaran, persoalan ketenagakerjaan yang terjadi saat ini terbilang rumit . Terutama dalam teknis rekrutmen tenaga kerja lokal.
Pihaknya berharap, perda ketenagakerjaan ke depan dapat mengantur ketentuan kuota tenaga kerja lokal dalam setiap proses rekrutmen. “Memang baiknya ada kejelasan kuota. Sehingga penerapannya jelas dan tentu kita harapkan dalam proses rekrutmen tenaga kerja bisa mengutamakan masyarakat sekitar,” tandasnya. (fal)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: