h1

Hutan Perhutani Rusak Disesalkan

April 19, 2010

hutan rusak

RANGKASBITUNG – Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala) Perwakilan Serang menyesalkan kerusakan lingkungan yang terjadi di areal hutan Perhutani di Desa Karangkamulya, Kecamatan Cihara.
Pasalnya, kerusakan yang diakibatkan aktivitas pertambangan batubara dan penebangan pohon secara liar ini dibiarkan tanpa ada rehabilitasi.
Ketua Kumala Perwakilan Serang Muhamad Hudri mengatakan, kerusakan lingkungan yang terjadi di wilayah Perhutani bukan sebuah informasi ataupun kabar dari orang lain. Ia mengaku melihat sendiri ketika pihaknya berjkunjung ke Cihara, beberapa hari lalu. “Saya melihat bahwa lubang-lubang besar bekas galian masih tampak menganga. Saat kami berbincang dengan sejumlah warga di sana bahwa lubang-lubang tersebut sering menjerat hewan ternak terperangkap,” ujar Hudri, Minggu (18/4).
Selain membahayakan penduduk dan hewan ternak, kata Hudri, kondisi kerusakan lingkungan di hutan tersebut mengkhawatirkan terhadap kemungkingan terjadinya longsor yang mampu mengancam keselamatan warga dipermukiman desa tersebut. “Kami menilai pemerintah daerah harus turut bertangungjawab, meski lahan yang rusak tersebut berada di areal Perhutani,” katanya.
Lukmanul Hakim, Ketua Tim Advokasi Kumala Perwakilan Serang, mengatakan, terkait persoalan itu pihaknya melakukan akan audensi dengan pejabat di lingkungan Distamben dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Lebak. Bahkan kepada dua satuan kerja ini, Kumala meminta agar kerusakan hutan itu segera direhabilitasi. “Bila dibiarkan rusak maka kondisinya semakin membahayakan terhadap masyarakat setempat,” kata Lukman.
Terpisah, Kepala Bidang Pertambangan Distamben Lebak Rully Sende Tua akan segera melakukan kroscek ke lapangan untuk membuktikan kebenaran informasi yang dilaporkan Kumala Perwakilan Serang. Bila informasi tersebut benar maka pihaknya akan melakukan teguran terhadap para pelaku penambang batubaru, sekaligus melakukan penutupan penebangan dan penggalian di sana. Radar Banten

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: