h1

Kerang Hijau Tercemar Merkuri

April 17, 2010

Cikokol – Kerang hijau yang dibudidayakan di Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Tangerang diduga mengandung logam besi sejenis merkuri. Hal ini dikarenakan, pencemaran air yang sangat tinggi di lokasi budidaya kerang hijau itu.

kerang_hijau

Menurut Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang, Tjitji S. Soemantri, indikasi pencemaran tersebut diperoleh dari hasil laboratorium dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Banten. Dari hasil laboratorium tersebut, kerang hijau yang dibudidayakan di wilayah Dadap, Kecamatan Kosambi dan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang mengandung logam berat berjenis merkuri.
“Itu hasil dari laboratorium pihak provinsi. Karena hal itu kewenangan Provinsi Banten. Limbah merkuri itu merupakan hasil dari limbah pabrik,” ungkap Tjitji, kemarin di ruangannya.
Di wilayah Dadap dan Teluk Naga, kata Tjitji terdapat ratusan rakit tempat budidaya kerang hijau. Satu rakit menurutnya dapat menghasilkan kerang hijau sebanyak 12 ton dalam sekali panen. Akan tetapi, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang tidak pernah mengeluarkan izin budidaya kerang hijau tersebut, dengan alasan bahwa budidaya di dua lokasi tersebut tidak memenuhi syarat.
“Lokasi sudah tercemar, kami tidak mengeluarkan izin. Sampai saat ini kerang hijau belum direkomendasi sebagai salah satu budidaya perikanan di Kabupaten Tangerang,” jelasnya.
Melihat potensi yang bagus dari kerang hijau, pihaknya berencana mengalihkan lokasi budidaya kerang hijau ke wilayah Kronjo, Kabupaten Tangerang.
Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang Jarnaji membenarkan bahwa uji laboratorium merupakan kewenangan Provinsi Banten. “Pengujian tersebut bisa dilakukan di pasar. Sampelnya diambil satu dan diteliti. Tinggal melihat apakah sampel tadi dari hasil budidaya atau dari hasil laut,” tambahnya. (mg-07) Radar Banten

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: