h1

Puluhan Imigran Gelap Kabur

April 13, 2010

CILEGON – Kurang lebih 20 imigran gelap asal Srilanka melarikan diri, Minggu (11/4) malam. Mereka kabur dari area Pelabuhan Indah Kiat, Merak, yang menjadi tempat penampung sementara mereka.Nimal, salah satu imigran gelap asal Srilanka, mengaku baru mengetahui kepergian puluhan rekan-rekannya saat keesokan paginya. Pria berusia 27 tahun ini bahkan tak mengetahui secara pasti bagaimana cara mereka melarikan diri dari restricted area Pelabuhan Indah Kiat, Merak. “Mereka kabur karena khawatir pemerintah Indonesia tidak akan membantu mereka untuk sampai ke Australia dan takut dipulangkan ke Srilanka. Saya juga sempat kaget mendengar kabar itu. Mungkin mereka lari tengah malam, saat kebanyakan orang tidur. Sekitar 20 orang yang melarikan diri,” ujarnya, Senin (12/4) sore.
Tak tak hanya imigran dewasa, sejumlah wanita ikut membawa anak-anak mereka melarikan diri. Nimal yang menjadi juru bicara para imigran ini mengaku tak bisa berbuat banyak. Pihaknya pun juga meragukan rencana evakuasi ke tempat penampungan sementara yang dijanjikan pemerintah. “Sepertinya bukan evakuasi, karena sampai kini kita belum ada informasi mengenai hal itu. Mayoritas yang kabur adalah mereka yang tidur di dalam kapal,” ungkapnya.
Danlanal Banten Kol (P) S Irawan saat dikonfirmasi membantah adanya imigran yang kabur. “Siapa yang bilang kabur, mungkin itu pindah ke tempat penampung di Tamansari,” katanya.
Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Merak Sumantrie Sihite saat dihubungi mengaku tak ada evakuasi imigran baru ke tempat penampungan di Tamansari (Pulomerak). “Nggak yang imigran baru yang masuk, kalau ada pasti kita tahu,” ungkapnya.
Sedang Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Dephukam Banten Harry Purwanto enggan berkomentar ketika dimintai konfirmasinya. “Mungkin saja, tapi saya belum bisa kasih keterangan sebelum ada informasi resmi. Saya belum berani, mohon pengertiannya,” kata Harry. (fal/air)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: