h1

Masyarakat Perkotaan Rawan Penyakit

April 12, 2010

SERPONG – Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menyatakan masyarakat perkotaan riskan terserang penyakit.

Penyakit yang timbul jenisnya kompleks dan beragam karena terjadi akibat masalah kesehatan konvensional dan modern.
Dijelaskan Endang, masalah kesehatan konvensional antara lain meningkatnya penyakit infeksi dan menular, kurang gizi serta penyakit yang terkait dengan lingkungan yang buruk yang disebabkan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap kesehatan.
“Masalah kesehatan modern adalah berkembangnya penyakit degeneratif (penyakit yang mengiringi proses penuaan-red), kelebihan gizi, kelainan mental, penyakit reproduksi, penyalahgunaan narkotika dan penyakit kelamin.
“Hal inilah yang menyebabkan Indonesia menghadapi banyak beban penyakit,” kata Endang saat merayakan puncak Hari Kesehatan Sedunia ke-62 di Pasar Modern BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (11/4).
Menurut Endang banyaknya beban penyakit di Indonesia dilihat dari tingginya jumlah penderita penyakit menular seperti diare dan demam berdarah dengue (DBD). Adapun, penyakit yang mulai turun jumlah penderitanya namun meningkat kembali akhir-akhir ini akibat perubahan iklim adalah penyakit malaria dan TBC.
Selain itu Endang menyatakan, keberadaan pasar tradisional di Indonesia harus dibenahi untuk mencegah perkembangan penyakit. Oleh karena itu, pembangunan pasar modern yang bersih harus ditingkatkan di tiap daerah.
“Penyakit mudah menyebar karena pasar tradisional cenderung dianggap sebagai pasar yang kotor,” terangnya.
Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah menambahkan, pihaknya akan menggandeng swasta untuk membangun pasar modern di delapan wilayah di Banten.(mg-06)Radar Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: