h1

Surat Suara Mulai Dicetak

April 10, 2010

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang mulai mencetak surat suara Pilkada 2010, Jumat (9/4)

Surat suara tersebut dicetak oleh CV Mutiara Grafika yang berlokasi di Jalan Abdul Hadi, Kota Serang.
Ketua Pokja Logistik KPU Kabupaten Serang Adnan Hamsin mengatakan, jumlah surat suara yang dicetak disesuaikan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 982.991 lembar ditambah 2,5 persen untuk cadangan. “Pencetakan surat suara kami pastikan sudah beres pada pekan depan,” kata Adnan, kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (9/4).
Sesuai Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan KPU Nomor 66 Tahun 2009 tentang Penetapan Norma, Standar, Prosedur, dan Kebutuhan Pengadaan serta Pendistribusian Perlengkapan Penyelenggaraan Pemilukada, kata Adnan, disebutkan bahwa surat suara yang dicetak harus ditambah 2,5 persen. “Kalau tidak ditambah khawatir ada yang rusak atau adanya gangguan lain yang menyebabkan berkurangnya surat suara,” katanya.
Dikatakan Adnan, selain bertugas mencetak surat suara, pihak percetakan juga berkewajiban melakukan pelipatan satu kali terhadap surat suara, setelah selesai baru dibawa ke kantor KPU Kabupaten Serang untuk diperiksa ulang apakah ada yang rusak atau tidak. “Kami akan sortir ulang, barangkali ada yang rusak,” ujarnya.
Ketua KPU Kabupaten Serang Ahmad Lutfi Nuriman menambahkan, setelah surat suara disortir, KPU akan melanjutkan pelipatan, kemudian dibawa ke PPK paling lambat lima hari sebelum hari pencoblosan. “Kami jamin, Insyaallah tidak akan ada keterlambatan dalam proses pencetakan,” katanya.
Dia berharap masyarakat ikut mengawasi setiap tahapan yang dilakukan KPU. Sebab, kata dia, jika masyarakat aktif mengikuti perkembangan Pilkada berarti partisipasi dalam menyuseskan pesta demokrasi lima tahunan ini. (mg-8)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: