h1

400 KK Belum Menikmati Listrik

April 10, 2010

MUNCUL – Sebanyak 400 kepala keluarga (KK) di Desa Gunung Batu, Kecamatan Munjul, belum mendapatkan aliran listrik. Warga berharap kepada pemerintah daerah agar memasukkan mereka ke program listrik desa (lisdes).
Arsad, warga Kampung Cisampur, RT 01, RW 05 mengatakan, biaya hidup akibat tidak adanya listrik jadi tinggi. Dalam sehari harus mengelurkan uang minimal Rp 15 ribu untuk membeli minyak tanah untuk lampu tempel dan solar untuk bahan bakar diesel.
“Makanya kami tak bisa hemat dengan kondisi ini. Karena jika dikalikan dalam sebulan beban hidup untuk penerangan saja mencapai Rp 450 ribu,” katanya kepada Radar Banten, Jumat (9/4).
Apalagi setelah diberlakukan konversi minyak tanah ke gas, warga makin sulit menemukan minyak tanah. Kalaupun ada harganya naik beberapakali lipat.
“Kalau nggak ketemu minyak tanah kami terpaksa harus tidur dalam keadaan gelap. Oleh karena itu kami ingin ada program listrik gratis,” katanya.
Ketua RW 05 Kampung Cisampur, Desa Gunung Batu Rajak menerangkan, dari 225 KK yang ada di RWnya yang belum menikmati listrik ada 75 KK. Para warga tersebut tersebar di tiga RT yakni RT 01, RT 02 dan RT 03. “Tahun 2009 sempat ada program bantuan listrik gratis tapi yang kebagian hanya 11 KK,” katanya.
Dihubungi via telepon, Kepala Desa (Kades) Gunung Batu, Kecamatan Munjul, Moch Carsam mengatakan, di desanya dari 1.225 KK, yang belum tersentuh jaringan listrik sebanyak 400 KK. “Awalnya ada 450 KK yang belum menikmati listrik. Tapi jumlah itu berkurang setelah turun bantuan listrik gratis untuk 50 KK di tahun 2009,” katanya.
Menurut Carsam, dari tujuh kampung yang ada, Kampung Sampang Jaha dan Kampung Cisampur yang terbanyak belum menikmati listrik. Jumlahnya mencapai 168 KK.
“Saya atas nama perintahan desa telah mengajukan kembali pemasangan listrik gratis untuk wilayah ini. Mudah-mudahan tahun ini dan tahun berikutnya direalisasikan,” katanya. (zis) Radar Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: