h1

Nelayan Binuangeun Tabur 20 Ribu Benih Ikan

Mei 11, 2007

Binuangeun: Dengan disaksikan Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya, Senin (30/4) sekitar pukul 13.00 WIB.
Tabur benih ikan ini sebagai tanda puncak perayaan pesta laut yang dilakukan Nelayan Binuangeun, yang dilakukan sejak 6 April lalu dan akan berakhir hari ini, Selasa (1/5) di Pantai Binuangeun, Wanassalam.
Sekretaris Panitia Pesta Laut, Ade Supriatna menegaskan, tabur benih ikan itu sebagai ganti dari kepala kerbau yang biasa dilakukan nelayan di setiap ritual pesta laut. Sebab, bagi para nelayan, laut menjadi sumber kehidupan yang mesti dijaga kelestariannya. Selain itu, laut juga memiliki kekuatan supranatural yang mesti diberikan ritual agar kemakmuran tetap bisa diraih para nelayan.
“Benih ikan ini simbol, agar laut selatan di Binuangeun tetap subur dan para penguasa laut tetap baik hati kepada nelayan,” katanya di sela-sela kegiatan kepada Radar Banten.
Selain benih ikan, pesta laut Nelayan Binuangeun terbilang panjang sebab berlangsung sejak 6 April dan baru akan berakhir 1 Mei 2007. Sejumlah rangkaian acara disusun, seperti pagelaran wayang golek dan musik dangdut. Selain itu, nelayan juga menggelar berbagai perlombaan dalam rangka pesta tersebut. Misalnya, lomba sepak bola, bola voli, dan pawai perahu hias. Bahkan, panitia juga menggelar lomba adzan untuk melengkapi meriahnya acara tersebut.
Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya berharap pesta laut bisa lahir sebagai ekspresi rasa syukur nelayan terhadap yang maha kuasa yang telah memberikan kesuburan terhadap laut pantai selatan. Disamping itu, Jayabaya mengharapkan nelayan terus meningkatkan usahanya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi para nelayan. (asa)  (radarbanten)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: